Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMK PGRI Subang berlangsung kondusif. Ujian tahun ini diikuti oleh 587 siswa/siswi dari 6 kejuruan yaitu, AK, AP, TKJ, PM, TSM, dan Aktel, semua dibagi dalam tiga sesi pelaksanaan.
       BP. Dian Murdiana, S.Pd. (Selaku Panitia UNBK) mengatakan ada 10 ruangan yang dipakai selama pelaksanaan UNBK dan 1 ruang cadangan, masing-masing ruangan terdapat 20 laptop/PC, dengan jumlah komputer sebanyak 220 yang dapat digunakan selama pelaksanaan UNBK, seperti kita ketahui bersama teknik pelaksanaan UNBK tahun ini dibagi menjadi 3 sesi, terdiri dari :

  • Sesi 1 : Jurusan TSM, TKJ dan Aktel
  • Sesi 2 : Jurusan AK, AP
  • Sesi 3 : Jurusan AP & PM

       Sesuai dengan jadwal, pelaksanaan UNBK hari ini untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris dan Kamis Teori Kejuruan.
       Pada hari pertama UNBK ini, pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Indonesia sesi pertama berlangsung tanpa kendala apapun. Sebab pihak sekolah sudah mengantisipasi setiap kendala yang akan terjadi baik itu kerusakan atau pun apabila terdapat error pada komputer pihak sekolah telah menyiapkan cadangannya, maupun sarana prasarana lain sebagai penunjang, bahkan pihak sekolah telah mempersiapkan 1 unit genset untuk mengantisipasi apabila terjadi pemadaman listrik, walaupun pihak PLN sudah mencanangkan tidak akan ada pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK, namun pihak sekolah bersiap-siap supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

       Selain mengantisipasi kendala pelaksanaan ujian, pihaknya menyakini sudah mempersiapkan siswa/siswinya dengan baik. Sehingga para muridnya memiliki bekal materi pelajaran maupun teknis pengerjaan soal berbasis komputer ini.

       Kami menilai pelaksanaan UNBK ini lebih memudahkan peserta didik dalam mengerjakan setiap soal yang ada. Pasalnya ujian komputerisasi ini lebih efektif ketimbang ujian manual atau menggunakan kertas.

“Kita sudah memberikan pelatihan lebih dari 3 kali simulasi UNBK sebelum pelaksanaan UN. Jadi saya rasa mereka bisa mengerjakan semuanya dengan baik sesuai waktu yang ditentukan. Apalagi UNBK dirasa lebih memudahkan mereka, karena tidak perlu lagi membulati soal atau mengisi biodata diri”.

       Semoga pelaksanaan UNBK besok, maupun 3 hari kedepannya lebih baik lagi dari hari pertama ini, dan tidak mengalami suatu kendala apapun, sehingga siswa-siswi peserta UNBK SMK PGRI Subang pun memperoleh hasil nilai yang memuaskan, serta LULUS 100%…
Aminnn ya Robalalaminnn…

Semangat anak-anakku, semoga sukses selalu…
SMK PGRI Subang…. SIGAP BERPRESTASI