UJI KOMPETENSI KEJURUAN (UJIKOM)ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP)
SMK PGRI Subang
Tahun Pelajaran 2015/2016


1

       Alhamdulillah…. Akhirnya tuntas sudah kegiatan uji kompetensi untuk jurusan Administrasi Perkantoran (AP), Ujikom ini melibatkan siswa-siswi jurusan Administrasi Perkantoran (AP). Ujikom itu sendiri adalah Ujian Nasional Praktik Sekolah yang merupakan salah satu syarat dalam menentukan layak atau tidaknya kita lulus di SMK. Ujikom bertujuan untuk mengukur kemampuan kompetensi siswa.

       Kegiatan ini diikuti oleh 173 siswa dari 4 rombel yang ada di program keahlian AP SMK PGRI Subang, yaitu XII AP 1, XII AP 2, XII AP 3 & XII AP 4 , kegiatan yang diselenggarakan secara marathon ini, mulai dari persiapan sejak pertengahan januari untuk pelaksanaan latihan ujikom dan pra-ujikom pada awal februari 2016 sampai dengan hari H-nya yaitu hari kamis – minggu tepatnya pada tanggal 18 – 21 februari 2016 pertengahan bulan februari ini (selama 4 hari).

       Materi Pokok yang diujikan seputar :

  1. Menggunakan peralatan kantor (kecepatan mengetik)
  2. Menggunakan peralatan kantor (menggunakan internet)
  3. Melakukan komunikasi melalui telepon
  4. Melakukan surat menyurat
  5. Memproses surat/dokumen
  6. Mengimplementasikan sistem kearsipan
  7. Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis
  8. Membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil
  9. Mengopresikan aplikasi presentasi

Ujikom yang dilaksanakan untuk mengukur penguasaan keterampilan dan praktik siswa dalam mata pelajaran produktif AP. Waktu yang diberikan terbagi menjadi 2 sesi dalam 1 hari.

      Kegiatan ujikom untuk program keahlian AP siswa dan siswi dinilai dan diuji oleh tim penguji eksternal & penguji internal. Pihak sekolah mendatangkan penguji eksternal dari dunia usaha, dunia industri dan institusi yang memang relevan serta kompeten dibidangnya masing-masing. Khusus untuk penguji eksternal program keahlian AP SMK PGRI Subang telah bekerjasama dengan ASPAPI Jabar (Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran). Maka dari itu ASPAPI telah mengutus sebanyak 2 orang diantaranya :

  1. Sambas Ali Muhidin, M.Si.
  2. Nuri Siti Nurrachman, M.I.Kom.

Terkadang Anak-anak yang pintar dalam teori tidak bisa dalam prakteknya begitupun sebaliknya. Inginnya anak-anak bisa menguasai teori beserta prakteknya.

     Pelaksanaan uji kompetensi kejuruan AP pun berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan, mudah-mudahan hasil yang diperoleh siswa-siswi bagus dan sesuai dengan target yang ditetapkan. Aminn ya robbal alamin….

       Diharapkan pula hasil UKK/UjiKom ini semua nantinya dapat bermanfaat bukan hanya bagi siswa itu sendiri sebagai salah satu syarat menempuh Ujian Nasional tapi juga bermanfaat bagi orang lain terutama bagi dunia industri serta masyarakat sekitarnya.

Berikut ini dokumentasi kegiatan Uji Kompetensi Jurusan AP :